Senin, 22 April 2013

PANTAI SADENG (BENGAWAN SOLO PURBA)

WISATA LOKAL INDONESIA


Pantai Sadeng berada diwilayah paling timur kabupaten gunung kidul. Pantai Sadeng terletak di Desa Songbanyu dan Pucung Kecamatan Girisubo berjarak sekitar 80 KM dari Pusat kota Jogjakarta dan berbatasan dengan Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah.



WISATA LOKAL INDONESIA

Pantai ini telah menjadi wisata lokal kebanggan masyarakat Gunung Kidul Yogyakarta, karena pantai ini terbentuk melalui proses alam yang cukup panjang. Di pantai ini Terdapat Telaga Suling yaitu lembah yang diyakini dahulu sebagai muara dari sungai Bengawan Solo Purba. 

Berdasarkan penelitian para pakar Geologi, bahwasanya Dahulu kala Sungai Bengawan Solo mengalir dari hulunya di wilayah utara hingga bermuara di Pantai Sadeng yang sekarang ini. Namun, sekitar empat juta tahun yang silam, sebuah proses geologi terjadi.



WISATA LOKAL INDONESIA

Lempeng Australia menghujam ke bawah Pulau Jawa, menyebabkan dataran Pulau Jawa terdesak dan perlahan terangkat . Sehingga Arus sungai akhirnya tak bisa melawan ketinggian dari hulu sungai itu sendiri, hingga akhirnya aliran air nya pun berbalik ke utara, yang saat ini mengalir hingga ke ujung utara wilayah Jawa Timur.



WISATA LOKAL INDONESIA

Jalur semula akhirnya tinggal jejak yang perlahan mengering karena tak ada lagi air yang mengalirinya yang kini menjadi ladang palawija yang produktif bagi masyarakat sekitarnya. Wilayah ini kaya akan bukit-bukit kapur yang menurut beberapa penelitian, semula merupakan karang-karang yang berada di bawah permukaan laut.



WISATA LOKAL INDONESIA



Sebelum benar-benar tiba di Pantai Sadeng , pengunjung terlebih dahulu dimanjakan dengan rute alam pegunungan kapur yang menantang dan sangat eksotis. Keindahan pantai di Wilayah Gunungkidul memang menawarkan banyak keindahan dan pesona alamiah. Di Pantai ini, Pengunjung dapat menyusuri bibir pantai di sebelah timur dan menuju gundukan pasir yang berada di dekat mercusuar. 



Pantai Sadeng (BENGAWAN SOLO PURBA)



Pantai Sadeng (BENGAWAN SOLO PURBA)


Pemandangan laut lepas akan tampak jelas, beserta deburan ombaknya yang besar. Tak seperti pantai di Gunung Kidul umumnya, Sadeng tak banyak memiliki karang-karang raksasa sehingga pandangan mata tak akan terhalang.



WISATA LOKAL INDONESIA

Kadang, bisa juga disaksikan perahu nelayan yang tengah melaut. Pantai Sadeng sebenarnya merupakan pantai yang sudah sejak lama dijadikan sebagaitujuan wisata di Kabupaten Gunungkidul. Tipe bibir pantai yang berupa tebing karang membuat Pantai Sadeng nampak indah nan elok.

Tidak hanya sebagai tempat tujuan wisata, Pantai ini juga dikenal sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang bertaraf nasional dan merupakan penunjang pengembangan perikanan laut terbesar di Provinsi Yogyakarta.


<
WISATA LOKAL INDONESIA

Di Pantai ini pengunjung akan melihat langsung aktifitas para nelayan, ada yang membersihkan perahu, mengangkut ikan dari perahu ke tempat pelelangan, menggiling es batu untuk dimasukkan dalam kotak ikan sebelum didistribusikan.

Wisatawan dapat menikmati sajian masakan ikan laut atau membawa ikan laut segar sebagai oleh - oleh dengan harga yang terjangkau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar